On 2/13/2013 07:42:00 PM by Khairul Jasmi in     3 comments

Ini bukan untuk gagah-gagahan, tapi mencoba berkontribusi lebih banyak lagi bagi kepentingan umum. Apa itu? Forum Editor! Forum Editor adalah sebuah forum tidak resmi yang dibuat oleh para editor yang hadir gara-gara grup di Blackberry (BB). Siapa saja mereka? Pemred dan redaktur surat kabar harian, bekas pemred, bekas redaktur, pendiri situs online berita, wartawan senior di RRI, sejumlah radio swasta, TVRI dan Padang TV.

Ini bukan mengikuti, tapi kebetulan saja, di Jakarta juga lahir Forum Pemimpin Redaksi disingkat Forum Pemred. Didirikan 55 pemred media massa Jakarta. Hanya dua dari luar Jakarta, Pemred Jawa Pos di Surabaya dan Pemred Singgalang di Padang. Forum Pemred akan merekrut anggota dari pemred media massa yang terakreditasi se-Indonesia.
Forum Editor tidak seketat itu, sebab ini skopnya hanya Padang dan Bukittinggi. Tapi anggota grup ini tersebar sampai Jambi, Bangka, Pekanbaru, Batam dan Jakarta, karena di sana ada wartawan asal Padang yang hebat-hebat.
Apa pula yang bisa mereka sumbangkan bagi Sumatra Barat? Sesungguhnya, para editor yang jarang tampil itu ibarat tukang masak di dapur. Merekalah yang menggodok semua isu lalu menyuguhkannya kepada pembaca. Bahkan membuat isu sendiri untuk dijual. Jadi, tidaklah asing jika kemudian mereka memperbincangkan banyak hal. Namun karena sudah dilatih untuk “mendengar”, maka orang lupa, para edtor itu merupakan sosok yang nyaris menguasai semua hal, meski tidak semuanya mendalam.
Merekalah yang kemudian hendak merapatkan barisan, guna memperbicangkan isu-isu hebat tentang Sumatra Barat. Tentu saja ini bukan untuk menyeragamkan isi media. Isi media soal lain, itu bisnis dan persaingan pasar yang ketat.
Menurut rencana, akan ada acara yang mereka garap lantas disiarkan secara luas di semua media mereka. Misalnya soal narkoba, kebencanaan, korupsi, perkosaan dan entah apalagi. Pembicaranya anggota sendiri plus para ahli dan pihak terkait.
Forum ini akan mengkritisi kebijakan pemerintah. Gubernur misalnya. Apa itu? Banyak yang bisa digunja. Walikota juga, bupati pun demikian. Tapi tak selamanya harus pejabat pemerintah.
Kebijakan yang dianggap benar oleh pemerintah, belum tentu benar di mata publik. Karena itu, wartawan senior berharap bisa menjembatani.
Hari ini, kita juga pers, nyaris tak lagi membela negara. Kita terjebak dengan stigma, pemerintah harus dihantam, tak tahunya yang dihantam bukan pemerintah melainkan negara.
Pemerintah berbeda dengan negara. Harus ada yang membela negara. Pers harus tampil. Pers Indonesia, awal-awal reformasi mengontrol pemerintah (eksekutif) sedemikian hebatnya. Saking hebatnya, melantunlah bola ke DPR/D (legislatif). Legislatif pula dikontrol, melebar bola ke luar garis. Pers dan masyarakat larut dalam isu politik, korupsi, kejahatan narkoba kejahatan di jalanan, tapi lupa pertumbuhan ekonomi, lupa akan asas-asas kebangsaan. Jika tak bisa dikatakan lupa, nyaris tak ada waktu untuk itu.
Seperti halnya Forum Pemred, maka Forum Editor ini hanyalah ikatan profesional yang terbuka. Tiap orang harus memberi kontribusi bagi pembangunan kapasitas intelektualitas anggotanya.
Demi hadirnya Forum Editor ini, patut diacungkan jempol untuk Blackberry, karena kehadiran telepon genggam pintar itulah, dialog intensif dan ketawa-ketiwi bisa dilakukan setiap hari. Bukan ketawanya, tapi hasil dialognya ingin kami bagi kepada penikmat media massa semua.
Media harus jadi referensi bagi pengambil kebijakan sebelum memutuskan sesuatu. Forum ini hadir untuk mendorong agar kebijakan tersebut lebih populis dan pro rakyat. Forum ini diharapkan mampu mendrive kebijakan Pemda ke arah yang lebih baik.
Wait and see. (*)

3 komentar :

  1. Welcome. BE NOT TROUBLED anymore. you’re at the right place. Nothing like having trustworthy hackers. have you lost money before or bitcoins and are looking for a hacker to get your money back? You should contact us right away. It's very affordable and we give guarantees to our clients. Our hacking services are as follows:Email:Creditcards.atm@gmail.com 
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact THEM now and get whatever you want at
    Email:Creditcards.atm@gmail.com 

      Whats app:+1(305) 330-3282  

    WHY WOULD YOU NEED TO HIRE A HACKER??:
    There are so many Reasons why people need to hire a hacker, It might be to Hack a Websites to deface information, retrieve information, edit information or give you admin access.
    • Some people might need us To Hack Their Target Smartphone so that they could get access to all activities on the phone like , text messages , call logs , Social media Apps and other information
    • Some might need to Hack a Facebook , gmail, Instagram , twitter and other social media Accounts,
    • Also Some Individuals might want to Track someone else's Location probably for investigation cases
    • Some might need Us to Hack into Court's Database to Clear criminal records.
    • However, Some People Might Have Lost So Much Funds With BINARY OPTIONS BROKERS or BTC MINING and wish to Recover Their Funds
    • All these Are what we can get Done Asap With The Help Of Our Root Hack Tools, Special Hack Tools and Our Technical Hacking Strategies Which Surpasses All Other Hackers.

    ★ OUR SPECIAL SERVICES WE OFFER ARE:
    * RECOVERY OF LOST FUNDS ON BINARY OPTIONS
    * Credit Cards Loading ( USA Only )
    * BANK Account Loading (USA Banks Only)

    ★ You can also contact us for other Cyber Attacks And Hijackings, we do All ★

    ★ CONTACTS:
    * For Binary Options Recovery,feel free to contact (Creditcards.atm@gmail.com)for a wonderful job well done,stay safe.

    Why waste your time waiting for a monthly salary. When you can make up to $3,000 in 5-7days from home,                     
    Invest $300 and earn $3,000
    Invest $500 and earn $5,000
    Invest $600 and earn $6,000
    Invest $700 and earn $7,000
    Invest $800 and earn $8,000
    Invest $900 and earn $9,000
    Invest $1000 and earn $10,000

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED  

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara yang berlipat ganda, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam usaha yang tulus dan nyata,

    Saya ingin memberikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya kepada pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Rahmat, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan banyaknya uang yang dikeluarkan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Nyonya ELINA JOHNSON yang merupakan CEO dari PINJAMAN GLOBAL ELINA JOHNSON.

    Jadi saya dan suami mengajukan pengajuan pinjaman (Rp1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengindahkan usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya inginkan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya datang. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com
    Tak berhenti sampai disitu, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa agar ALLAH memberkatinya atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  3. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    BalasHapus